Menu Close

Tips Cara Manjakan Miss V Sendiri

Tips Cara Manjakan Miss V Sendiri

Seperti bagian tubuh lainnya, miss v juga harus dijaga dan dimanjakan. Ada berbagai cara manjakan miss v sendiri dan sangat penting untuk mengetahui cara yang aman dan alami, agar daerah kewanitaan tetap sehat.

Dulu mungkin Anda diajarkan untuk membersihkan daerah vagina dengan menggunakan sabun atau semprotan kebersihan wanita setiap hari. Sayangnya, cara tersebut sebenarnya sangat berbahaya daripada bermanfaat. 

Terdapat berbagai cara manjakan miss v sendiri yang aman dan alami. Untuk memiliki vagina yang sehat, cukup bersihkan area tersebut dengan air hangat agar tidak mengganggu pH alami. Saat datang bulan pun jangan lupa untuk sering-sering mengganti produk menstruasi untuk mencegah pertumbuhan bakteri, serta penting untuk menyeka dari depan ke belakang saat menggunakan toilet.

Selain beberapa hal di atas, berikut cara manjakan miss v sendiri agar tetap sehat dan kuat.

Bersihkan vulva secara benar

Memang, vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri. Tapi, bagian luar vagina seperti labia perlu untuk dicuci secara benar untuk menyingkirkan sel-sel mati dan bakteri. Cara membersihkan yang benar adalah dengan menggunakan air hangat dan tangan. Tidak perlu menggunakan hal-hal kasar seperti spons mandi. Anda juga bisa menggunakan sabun penyeimbang pH yang lembut tanpa wewangian. Cuci vagina Anda menggunakan sabun paling banyak sehari sekali, sering-sering mencuci vagina dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi miss v Anda.

Periksa tubuh Anda

Cara manjakan miss v sendiri yang paling baik adalah dengan memeriksa kesehatan daerah tersebut. Vagina yang sehat dan bersih, tentu dapat meningkatkan mood seorang perempuan. Nah, terkadang, kita bisa memeriksa bagian miss v dengan hanya melihat cairan yang ada di celana dalam. 

Keputihan memang hal yang normal, tetapi apakah keputihan terlihat seperti keju cottage? Bisa jadi vagina Anda terinfeksi jamur. Atau keputihan berwarna ekstra putih dan tebal? Anda mungkin sedang dalam tahap ovulasi.

Perhatikan vulva melalui pemeriksaan diri setiap hari. Amati apa yang berbeda dan baru, apakah ada bekas luka atau bau aneh. Temukan dokter kandungan yang dirasa dapat membuat nyaman untuk konsultasi. Dan, jangan takut untuk memberitahukan semuanya.

Gunakan produk menstruasi yang alami

Perlu diketahui, vagina merupakan selaput lendir yang dapat menyerap apapun. Karena itu, penggunaan bahan organik dan alami sangat dianjurkan saat sedang datang bulan. Namun, terkadang bahan alami dalam produk menstruasi bisa sangat mahal, sebisa mungkin pilihlah produk yang bebas dari wewangian karena vagina bisa muda teriritasi oleh wewangian sintetis.

Gunakan celana dalam yang nyaman untuk vagina

Selain produk menstruasi, penting untuk memilih celana dalam dengan bahan yang nyaman, seperti katun. Hal ini untuk membuat sirkulasi udara yang baik untuk vagina. Jika miss v tidak bisa bernapas akan lebih rentan terhadap infeksi jamur.  Selain bahan, ukuran celana dalam juga harus sesuai. Boleh menggunakan celana dalam jenis thong atau lainnya, asal jangan terlalu ketat. 

Beberapa dokter kandungan bahkan ada yang menyarankan untuk melepas celana dalam saat tidur. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko perkembangan bakteri pada daerah kewanitaan karena saat malam hari vagina rentan lebih lembab. Intinya, vagina harus dapat bernapas agar membantu menjaganya tetap bersih dan kering.

Lumasi

Baik saat sedang melakukan hubungan intim dengan pasangan atau sedang masturbasi, sangat baik untuk menggunakan pelumas untuk mengurangi gesekan pada vagina. Tanpa pelumas, kulit labia dan vagia dapat cepat lecet dan iritasi, dan akan sangat mengganggu waktu seksi Anda. 

Anda bisa menggunakan berbagai macam pelumas, baik yang berbasis air, silikon, maupun minyak. Namun, jika sedang menggunakan kondom, jangan menggunakan pelumas berbasis minyak karena dapat menyebabkan kondom rusak. Dan, jangan pernah gunakan petroleum jelly atau baby oil karena dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada vagina.

Manjakan diri Anda

Satu hal yang paling penting dalam cara manjakan miss v sendiri, yaitu dengan memanjakan diri Anda juga. Tidak hanya dengan berendam dengan air hangat, Anda dapat memanjakan diri dengan melakukan masturbasi. Mungkin bagi perempuan, masturbasi dianggap hal yang tabu. Tapi dengan melakukan kegiatan seksual sendiri, Anda dapat mengetahui kondisi miss v Anda dan mengetahui apa yang cocok dan tidak cocok ketika berhubungan badan dengan pasangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *