Menu Close

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Minyak Telon Cap Lang

Pernahkah Anda mengoleskan minyak telon pada bayi Anda? Minyak telon sangat umum dipakai sebagai minyak herbal pada bayi dan anak-anak. Salah satu minyak telon yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Minyak Telon Cap Lang

Minyak telon yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, apalagi bila dipakaikan pada bayi. Bayi Anda akan merasa lebih nyaman setelah pemakaian minyak ini, serta kesehatannya pun akan lebih terjaga. 

Perhatian saat memakai Minyak Telon Cap Lang

Meskipun mendatangkan banyak manfaat, tapi cara pemakaian minyak telon juga akan menentukan seberapa maksimal efek dari pemakaian minyak tersebut. Oleh sebab itu, sebelum memakaikan minyak telon ini pada bayi, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • Hindari kontak dengan mata, hidung, dan mulut

Saat mengoleskan minyak telon, pastikan Anda menggunakannya pada area tubuh bayi saja. Jangan gunakan di area wajah. Hal ini penting guna menghindari kemungkinan adanya kontak minyak dengan mata, hidung, maupun mulut bayi.

Apabila minyak telon mengenai mata bayi, bayi akan merasakan ketidaknyamanan. Ini tidak baik untuk kesehatan mata bayi Anda.

Kemudian, jika terkena ke mulut, ada potensi minyak telon bisa tertelan oleh bayi secara tidak sengaja. Hal seperti ini harus dihindari, karena minyak telon tidak baik digunakan dengan cara dikonsumsi.

  • Jangan oleskan pada luka

Perhatikan tubuh bayi Anda dengan seksama sebelum menggunakan Minyak Telon Cap Lang. Coba lihat baik-baik, apakah ada luka pada tubuh bayi Anda?

Jika Anda, sebisa mungkin hindari pemakaian minyak telon di area luka tersebut. Karena, minyak telon tidak cocok digunakan pada area luka yang terbuka.

Luka terbuka yang terkena minyak telon bisa terasa perih dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama. 

  • Perhatikan reaksi di kulit bayi

Beberapa bayi bisa saja memiliki alergi terhadap kandungan tertentu di dalam minyak telon. Oleh sebab itu, selalu perhatikan reaksi dari pemakaian Minyak Telon Cap Lang di kulit bayi Anda.

Reaksi alergi bisa berupa benjolan, kemerahan, ruam, dan kulit yang bersisik. Bayi bisa saja merasakan gatal pada area tersebut. Perhatikan apabila bayi menggaruk-garuk bagian ruam yang kemerahan itu.

Jika muncul reaksi alergi, segera hentikan pemakaian minyak telon pada bayi Anda. Bila reaksi alergi sangat parah, jangan ragu untuk langsung membawa bayi Anda mendapatkan perawatan di rumah sakit.

  • Pakai secukupnya

Minyak telon pada dasarnya tidak berbahaya. Akan tetapi, hindari menggunakan pemakaian yang terlalu berlebihan, karena pemakaian berlebihan tidak selalu baik untuk bayi.

Jangan langsung menuangkan minyak telon ke seluruh tubuh bayi Anda. Sebaiknya, tuangkan produk terlebih dahulu ke telapak tangan Anda.

Setelah itu, barulah Anda mengoleskan sedikit demi sedikit produk ke kulit bayi Anda. Lebih baik, oleskan hanya di area tubuh yang membutuhkan saja, misalnya di perut untuk menghilangkan rasa kembung.

Selain memperhatikan cara pemakaian, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan cara penyimpanan minyak telon. Minyak telon, setelah digunakan, harus selalu ditutup kembali. Pastikan tutup botol minyak tertutup rapat.

Simpanlah kemasan minyak telon di tempat yang sejuk, berada di bawah suhu ruangan dan jauh dari jangkauan sinar matahari. 

Ketika akan menggunakan Minyak Telon Cap Lang, coba perhatikan instruksi cara pemakaian pada label kemasan produk. Dari sana, Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas mengenai cara pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *